Minggu, 13 April 2014

Masuknya anggota baru dalam sebuah partnership



Keluar dan Masuknya mitra/anggota dari sbuah kemitraan
banyak kemitraan menyediakan pengakuan mitra baru dan untuk keluarnya mitra dengan mengubah perjanjian kemitraan yang ada. dengan cara ini, perusahaan dapat terus beroperasi tanpa pembentukan kemitraan baru dan menyiapkan perjanjian kemitraan baru.

diakuinya anggota kemitraan
seseorang dapat diterima untuk kemitraan dengan salah satu dari berikut:
1. Membeli bunga satu atau lebih mitra yang ada.
2. Kontribusi aset untuk kemitraan.
ketika pasangan baru ini diakui dengan membeli bentuk bunga satu atau lebih mitra yang ada, total aset dan total ekuitas pemilik dari partnersip tidak terpengaruh. modal (equity) dari mitra baru dicatat dengan mentransfer modal (equity) dari mitra yang sudah ada.
ketika pasangan tersebut diakui dengan kontribusi aset untuk kemitraan, total aset dan total ekuitas pemilik dari kemitraan meningkat. modal (equity) dari mitra baru dicatat sebagai jumlah aset berkontribusi kemitraan dengan mitra baru.
membeli bentuk bunga satu atau lebih mitra yang ada
ketika pasangan baru diakui dengan membeli bunga dari satu atau lebih mitra yang ada, transaksi antara mitra baru dan yang sudah ada bertindak sebagai individu. penerimaan mitra baru dicatat dengan mentransfer jumlah ekuitas pemilik dari rekening modal mitra penjualan ke rekening modal partner.
Sebagai gambaran, diasumsikan bahwa pada tanggal 1 Juni tom andew dan Natan masing-masing yang ada memiliki saldo modal 50.000 dalam kemitraan “bring it consulting” dan masing-masing menjual seperlima dari ekuitas kemitraan mereka kepada joe sebesar 10.000 tunai. pada 1 Juni, kemitraan memiliki aktiva bersih 100.000 dari kedua pasangan. untuk mencatat modal pengalihan (equity) dari andew dan natan kepada Joe, dengan jurnal sebagai berikut:

June 1
LLC
Partnership

Andew member equity
10.000

Andew, capital
10.000


Natan, member equity
10.000

Natan, capital
10.000


Joe, member equity

20.000
Joe, capital

20.000

pengaruh transaksi pada rekening kemitraan ditunjukkan pada diagram berikut:

setelah joe diakui dalam kemitraan “bring it colsulting”, total ekuitas pemilik masih 100.000. joe memiliki seperlima (20%) bunga dan keseimbangan modal 20.000. andrew dan natan masing-masing memiliki dua-perlima (40%) bunga dan saldo modal 40.000 masing-masing.
meskipun joe memiliki seperlima (20%) bunga dalam kemitraan, ia mungkin tidak berhak atas pembagian seperlima dari laba bersih kemitraan. pembagian laba bersih atau rugi bersih dibuat sesuai dengan perubahan perjanjian kemitraan baru.
Pencatatan jurnal sebelumnya tidak terpengaruh oleh jumlah yang dibayar oleh joe untuk kepentingan seperlima. untuk exampe, jika joe telah membayar 15.000 untuk andrew dan natan bukannya 10.000, pencatatan jurnal akan tetap sama. hal ini dikarenakan transaksi antara andrew, natan, dan joe ketimbang kemitraan. laba atau rugi oleh andrew dan natan pada penjualan bunga kemitraan mereka adalah milik mereka sebagai individu dan tidak mempengaruhi kemitraan.


Kontribusi aset untuk kemitraan
            Ketika mitra baru diakui dengan kontribusi aset dalam partnership, total aset dan total ekuitas pemilik dari kemitraan akan bertambah. Ini dikarenakan transaksi antara mitra baru dengan kemitraan (partnership).
            Sebagai gambaran, joe tidak membeli 1/5 kepemilikan  kemitraan “bring it consulting” dari andrew dan natan, tapi joe berkontribusi secara langsung dengan memberikan kas  20.000 kepada “bring it consulting” untuk ekuitas kepemilikan 20.000. dari ilustrasi ini dapat di jurnal sebagai berikut:
June 1
LLC
Partnership

cash
20.000

cash
20.000


Joe, member equity

20.000
Joe, capital

20.000

Efek dari transaksi dalam akun kemitraan tampak dalam diagram berikut:

Setelah pengakuan joe, aset bersih dan total ekuitas pemilik dari bring it consulting meningkat menjadi 120.000, dimana joe memiliki bunga 20.000, berbeda dalam contoh sebelumnya, aset bersih dan total ekuitas pemilik dari bring it consulting tidak berubah tetap 100.000.
revaluasi aset
sebelum pasangan baru diakui,  jumlah akun aktiva kemitraan harus dinyatakan dengan nilai saat ini. jika perlu, rekening harus disesuaikan. kenaikan ataupun penurunan jumlah nilai aktiva bersih dibagi antara rekening modal mitra yang ada seperti pembagian pendapatan.
Sebagai gambaran, diasumsikan dari contoh sebelumnya jumlah akun persediaan barang dagangan yaitu 14.000 dan nilai persediaan barang dagan saat ini yaitu 17.000. jika andrew dan natan membagi laba bersih secara merata, revaluasi tersebut di catat sebagai berikut:
June 1
LLC
Partnership

Merch. Inventory
3.000

Merch. Inventory
3.000


Andrew, member equity

1.500
Andrew, capital

1.500

Natan, member equity

1.500
Natan, capital

1.500

            Kegagalan untuk mengatur akun kemitraan (partnership) untuk nilai saat ini sebelum diakuinya mitra baru mungkin menimbulkan mitra baru mendapat pembagian dalam laba/rugi aset yang timbul pada periode sebelumnya.
Bonus Mitra
Seorang mitra  baru mungkin memberikan bonus pada mitra yang ada untuk bergabung dalam kemitraan. Di sisi lain, mitra yang aja juga mungkin memberikan bonus pada mitra baru untuk bergabung dalam kemitraan.
Bonus biasanya diberikan karena lebih tinggi daripada keuntungan normal dari mitra baru atau mitra yang adayang diharapkan akan memberi kontribusi kedepanya. Sebagai contoh, mitra baru mungkin memberikan kualitas spesial ato skil untuk kemitraan. Seseorang yang termasyur seperti artis, musisi, ato figur olahraga sering memberikan pengakuan nama yang diharapkan untuk meningkatkan keuntungan kemitraan.
Sedang mitra yang telah ada menerima bonus ketika bunga kepemilikan yang di terima mitra baru lebih rendah dari jumlah yang dibayarkan.  Perbedaanya, mitra baru menerima bonus ketika kepemilikan bunga yang di terima dari mitra baru lebih besar dari jumlah yang dibayarkan.
Sebagai gambaran, diasumsikan pada tanggan 1 maret kemitraan dari marsha dan helen mempertimbangan mitra baru , alex. Setelah aset dari kemitraan disesuaikan dengan harga pasar saat ini, jumlah modal dri marsa dan helen seperti di bawah ini:
Marsa, capital                                                20.000
Helen,capital                                                  24.000
Total ekuitas sebelum diakuinya alex         44.000
            Marsa dan helen setuju untuk memasukan alex dalam kemitraan sebesar 31.000. sebagai gantinya, alex akan mendapat 1/3 dari ekuitas kemitraan dan akan dibagi rata dengan marsa dan helen dalam laba/rugi kemitraan.  Disisi lain, alex membayar marsa dan helen sebesar 6.000 sebagai bonus bergabungya dalam kemitraan, perhitunganya adalah sebagai berikut:
Marsa, capital                                                            20.000
Helen capital                                                              24.000
Kontribusi alex                                                          31.000
Total ekuitas setelah diakuinya alex                       75.000
Bunga ekuitas alex setelah diakui                           x       1/3
Alex, capital                                                                25.000
Kontribusi alex                                                          31.000
Alex,capital                                                                 25.000
Bonus yang di bayar ke marsa dan helen              6.000 
Bonus sejumlah 6.000 yang dibayar alex meningkatkan jumlah modal dari helen dan marsa. Bonus ini di distribusikan ke akun capital dari helen dan marsa menurut rasio pembagian labanya. Diasumsikan marsa dan helen pembagian laba dan ruginya sama, jurnal yang dicatat ketika diakuinya alex kedalam partnership adalah sebagai berikut:
Mart 1
LLC
partnership

Cash
31.000

Cash
31.000


Alex, member equity

25.000
Alex, capital

25.000

Marsa, member equity

3.000
Marsa, capital

3.000

Helen member equity

3.000
Helen capital

3.000

            Mitra yang telah ada mungkin menyetujui untuk membayar  bonus kepada minta baru untuk bergabung dalam sebuah kemitraan. Sebagai gambaran,, diasumsikan setelah penyesuaian aset sesuai harga pasaran, jumlah capital dari jeni dan leni adalah sebagai berikut:
Jeni, capital                                                                 80.000
Leni, capital                                                                40.000
Total ekuitas sebelum bergabungnya neni                        120.000
            Jeni dan leni setuju untuk menambahkan neni dalam kemitraan pada tanggal 1 juni dengan investasi 30.000. sebagai gantinya, neni akan menerima seperempat bunga ekuitas dalam partnership dan akan dibagi ¼ dari keuntungan dan kerugianya. Disisi lain, jeni dan leni akan memberikan bonus kepada neni sejumlah 7.500 karena bergabung dalam kemitraan, perhitunganya adalah sebagai berikut:
Jeni, capital                                                                             80.000
Leni capital                                                                            40.000
Kontribusi neni                                                                     30.000
Total ekuitas setelah diakuinya neni                                  150.000
Bunga ekuitas neni setelah diakui                                       x          ¼
Neni, capital                                                                           37.500
Neni capital                                                                            37.500
Kontribusi neni                                                                     30.000
Bonus yang di bayarkan ke neni                                         7.500

            Bonus sejumlah 7.500 yang dibayarkan pada neni menurunkan jumlah akun kapital dari jeni dan leni. Penurunan akun kapital ini di distribusikan pada jeni dan leni sesuai dengan rasio pembagian keuntungan. Diasumsikan rasio pembagian keuntungan dari jeni dan leni sebesar 2:1 sebelum diterimanya neni sebagai anggota baru dalam kemitraan, jurnal yang di catat saat diakuinya neni sebagai anggota kemitraan adalah sebagai berikut;
June 1
LLC
Partnership

Cash
30.000

Cash
30.000


Jeni,member equity
7.500x2:3
5.000

Jeni,capital
7.500x2:3
5.000


Leni, member equity
7.500x1:3
2.500

Leni, capital
7.500x1:3
2.500


Neni, member equity

37.500
Neni, capital

37.500

Tidak ada komentar:

Posting Komentar